Thursday, September 22, 2011

guru dan ibu

pagi ini saya mendapat sebuah berita yang mengejutkan...sebuah berita duka yang menginformasikan bahwa salah seorang dosen saya telah tiada....mungkin saya bisa jelaskan dia lebih dari dosen...dia adalah seperti seorang ibu...ibu yang selalu mengajarkan anak-anaknya untuk tepat waktu, berdedikasi, dan ibu yang tidak pernah marah...yang saya selalu ingat tentang beliau adalah senyum....ibu tidak pernah lepas dari senyum, dalam kondisi apapun ia akan selalu senyum dan dengan sabar meminta kami untuk menjelaskan. ibu tidak pernah mengatakan bahwa kami salah..ia menunggu dan memberikan kesempatan bagi kami untuk menjelaskan segala sesuatunya....

kehilangan seseorang memang berat, saya mungkin hanya muridnya...seorang ex mahasiswa yang biasa saja...tapi impact yang diberikan ibu begitu besar...membuat saya merasa kehilangann..mungkin ini juga yang dirasakan teman-teman dan rekan saya di kampus.....

ibu adalah sosok yang sangat harus menjadi panutan bagi saya, cara beliau berpikir, bersikap menunjukkan satu sifat utama kami..empati...beliau sangat bisa mengerti kami, beliau dapat melihat dari sisi si pembicara, menenangkan

kalau dihubungkan dengan pidato mahasiswa kemarin, beliau adalah psikolog yang bisa merubah...di awal kami sedih dan gundah di akhir kami bisa tertawa....

saya ingat kutipan beliau ketika membimbing saya dan saya merasa kesulitan
"eh jangan bingung, yakin aja ini kasusmu kamu yang paling tau ya..bisa ko pasti bisa " dan diakhiri dengan senyum hangat beliau.....

senyum itu...senyum yang bisa menenangkan semua orang....senyum yang tulus dan membuat seseorang mendapatkan kembali kepercayaannya, senyum yang seolah memegang tangan kita dan mengajak berjalan bersama dan mengatakan saya ada disebelahmu...

saya juga ingat ketika saya dibimbing beliau, jujur saya adalah mahasiswa yang terkenal dengan thypoo dan keanehan saya dalam menulis, tapi beliau hanya bilang ,"kalau begini hanya kamu atau orang lain yang bisa mengerti?"

oleh karena itu saya bisa mengetakan bahwa beliau adalah seorang ibu..dan kami semua adalah putra-putrinya

kami kehilangan seorang tokoh besar, teladan dan ibu kami.....
selamat jalan ibu Prof. DR Jeanette murad lesmana....
selamat beristirahat.....ibu...

No comments:

Post a Comment